Teknik Bela Diri: Jurus Wushu

Teknik Bela Diri: Jurus Wushu
Nomor Nomor Jurus Pada Wushu Taolu,
1. Tangan Kosong
a. Changquan ( pukulan panjang ) gaya wushu tradisional dari Utara, di dalamnya mencakup kecepatan, Kelincahan, kegesitan, akurasi, fleksibilitas. Jurus ini menitik beratkan pada tendangan
b. Nanquan ( tinju selatan ), nanquan terkenal dengan pukulan yang keras dan kuat, serangannya efektifDan efisian serta mematikan yang didukung dengan teriakan atau gretakan dalam menyerang.
c. Taijiquan, gaya wushu ini dikenal dengan gerakan yang santai dan biasanya di lakukan oleh orang tuaAtau lanjut usia di kalangan orang cina.
2. Senjata Pendek,
a. Daoshu atau golok, mengacu pada semua jenis golok yang berbentuk melengkung seperti daun.Senjata ini cocok di tampilkan dengan gaya wushu Changquan.
b. Nandao ( golok selatan ) senjata ini cocok di tampilkan dengan jurus Nanquan, karena memiliki karakter yang keras dan galak.
c. Jianshu ( pedang mata dua ), senjata ini cocok di tampilkan dengan jurus changquan, gerakkanya banyak memutar menangkis dan menusuk.
d. Taijijian ( pedang ) senjata ini cocok untuk jurus Taijiquan, karena karakternya yang lembut dan mengalir, mengacu pada gerakan memotong menebas dan menusuk.
3. Senjata Panjang
a. Gunshu ( tongkat panjang ), senjata ini terbuat dari kayu lilin putih. Senjata ini cocok untuk jurus Changquan, karena senjata ini tergolong praktis dengan karakter memukul, menyapu, menekan, sontekan ke atas. Gerakan toya ini sering berubah ubah sehingga membingungkan.
b. Nangun ( toya selatan ), seperti Gunshu tetapi senjata ini lebih pendek serta lebih besar ukurannya. Senjata ini cokok dengan jurus Nanquan karena gerkakannya patah patah dan keras.
c. Qiangshu ( tombak )tombak lentur dengan ciri khas rumbai merah yang melekat pada ujung tombak yang terbuat dari besi. Senjata ini cocok dengan jurus changquan. Karena gerakkannya cepat, gesit, berputar dan mematuk ke segala arah seperti ular..
4. Koreografi atau berpasangan,
a. Duilian ( berpasangan ), dapat berisi pertarungan tangan kosong ataupun dengan senjata. Gaya ini membutukkan perancangan terlebih dahulu. Gaya ini memungkinkan adanya musik pendamping. Matras atau karpet yang digunakan lebih besar dari matras nomor individual.
Selain Nomor wushu di atas, juga ada nomor tradisional,
1. Baguzhang 4. Dadao
2. Bajiquan 5. Wing chun
3. Huaquan 6. Shuangdao Dll.