Teknik Bela Diri: Materi Dasar Sabuk Kuning Strip Hijau Taekwondo

Teknik Bela Diri: Materi Dasar Sabuk Kuning Strip Hijau Taekwondo


I. TANGKISAN (MAKKI)
1. An Palmok Momtong Bakat Makki
Tangkisan dari dalam ke luar (bakat makki) dengan menggunakan lengan bawah bagian dalam (an palmok) untuk melindungi perut tenagh badan (momtong). Kedua tangan menyilang di depan perut dengan posisi tangan yang akan menangkis berada di dalam. Kepalan tangan yang diluar, ditarik sambil diputar ke samping sabuk/pinggang, punggung keplan ke arah bawah. Kepaln yang berada di dalam (untuk menangkis), diayunkan ke atas (depan) sambil diputare dengan putaran pinggang, siku lengan ditekuk 900. kedua tangan digerakkan secara bersamaan/serentak. Biasanya tangan yang digunakan untuk menangkis, sama dengan kaki yang berada di depan.
II. TENDANGAN (CHAGI)
1. Dwi Chagi
Tendangan sentak arah belakang (seperti tendangan kuda). Tandangan ini dilakukan dengan memutar kepala kurang lebih 360 derajat, lalu memutar badan 180 derajat, dengan kaki depan digunakan sebagai poros, kaki belakang untuk menendang, arah sasara tendangan ini perut atau kepala. Tendangan ini menggunakan kaki bagian depan (ap chuk) dan/atau tumit kaki (dwi chuk) untuk menendang.
2. I Dan Dolyo Chagi
Tendangan melingkar (dolyo chagi) dengan kaki depan (bisa dengan sliding/meluncur).
III. GERAKAN BERANGKAI (POOMSE)I. KUDA-KUDA (SEUGI)
1. Dwi Kubi
Sikap kuda-kuda belakang (sikap ‘L”). kuda-kuda ini dibentuk dengan cara kedua tumit dirapatkan/ditempelkan atu sama lain hingga membentuk sudut 90 derajat, kedua lutu ditekuk (posisi setengah jongkok) sehingga posisi badan rendah. Telapak kaki yang mengarah ke depan, dimajukan/dilangkahkan sejauh 2 (dua) bahu sehingga kedua telapak kaki membentuk huruf L (sikap”L”). pada saat latihan teknik biasanya kaki kanan yang ditarikke belakang sambil diputar. Posisi kedua kepalan tangan berada di samping sabuk/pinggang. 60% berat badan ditumpu oleh kaki belakang, sedangkan 40% berat badan ditumpu oleh kaki depan.