Teknik Dasar Bela Diri - Karate


Berikut adalah teknik-teknik dasar ilmu bela diri dari Jepang ini untuk Anda sebagai pemula:
1. Kuda kuda
Ada empat golongan kuda-kuda dalam karate, kuda-kuda dasar (hachiji-dachi ), kuda-kuda berat belakang (  ko-kutsu-dachi ), kuda-kuda berat depan ( zen-kutsu-dachi ), dan kuda-kuda berat tengah (  sanshin-dachi). Namun, setiap golongan tersebut masih dibagi lagi dalam beberapa jenis.

2. Pukulan
Ada banyak jenis zuki dalam karate, beberapa di antaranya pukulan yang mengarah ke kepala ( oi-zuki-jodan ), pukulan dan dorongan ( morete-zuki ), sikutan  ( empei ), dan tangan palu ( tetsui-uchi ).

3. Tendangan
Terdapat 4 macam tendangan dalam karate, yaitu tendangan belakang ( usiro-geri ), tendangan menggunakan kaki bagian samping yoko-geri-keange dan yoko-geri-kekome ), tendangan menggunakan kaki bagian atas ( mawashi-geri ), serta tendangan yang mengarah ke perut ataupun kepala ( mae-geri ).

4. Tangkisan
Tangkisan adalah gerakan mempertahankan diri dari lawan. Dalam karate, tangkisan ada banyak jenisnya, beberapa di antaranya angkisan tengah ( uchi-ude-uke dan soto-ude-uke ), tangkisan atas ( agi-uke ), dan tangkisan bawah ( gedan-barai ).