Teknik Dasar Bela Diri - Silat

Untuk mempertahankan diri Anda dari serangan tidak terduga maupun saat dalam ancaman, berikut kami ulas teknik dasar salah satu ilmu bela diri dari Indonesia, yakni Silat.

1. Kuda Kuda
Ada 6 macam kuda-kuda dalam ilmu silat, yaitu kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda samping, kuda-kuda tengah, kuda-kuda silang depan, dan kuda-kuda silang samping. Perbedaan dari 6 macam kuda-kuda tersebut adalah pada posisi kaki, misal kuda-kuda depan posisi kaki ke depan dan ditekuk, dan kaki di belakang agak serong ke luar. Posisi badan tegap dan wajah menghadap ke depan.

2. Pukulan
Teknik pukulan juga terdapat 6 jenis, yaitu teknik bandul, teknik celah/tusuk, teknik tebah, teknik kepret, teknik pedang, dan yang terakhir teknik tampar.

3. Tendangan
Ada 4 jenis tendangan, yaitu tendangan lurus, tendangan melingkar, tendangan samping, dan tendangan “T”. Contohnya adalah tendangan lurus, yaitu tendangan dengan melakukan hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu.

4. Tangkisan
Dalam teknik tangkisan juga terdapat 4 jenis, yaitu teknik tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas, dan tangkisan bawah. Tangkisan yaitu dengan menggerakan tangan yang bertujuan untuk melindungi beberapa bagian tubuh dari serangan lawan.