Teknik Pertahanan Dasar


1. Jaga agar tangan tetap pada posisi diatas.
 Peraturan no.1 selalu menjaga tangan tetap diatas! Bila tanganmu dalam posisi diatas dapat menahan setiap pukulan ke arah wajah dan wajah merupakan bagian yang menjadi sasaran empuk dalam sebuah perkelahian. 
2. Jatuhkan lawan ke atas tanah
 Setelah lawan jatuh ke tanah, memukulinya adalah sesuatu hal yang sangat mudah karena kita bisa menggunakan kaki kita dan sepatu bot tebal (bila memakainya) untuk menendangnya. Juga saat lawan berada diatas tanah kita dapat menyarangkan satu atau dua tendangan kemudian menjalankan rencana untuk meloloskan diri, dengan kata lain kita bisa kabur. 
3. Perpendek jarak
Saat kita dekat dengan orang yg memukuli kita, dia tidak akan memiliki ayunan penuh untuk memukul kita.Semakin jauh jarak, maka akan semakin keras pukulan yg kita terima. Coba hindari sebanyak mungkin yg kita bisa hindari.
4. Ulur waktu/ Ambil nafas/ Tetap tenang:
Mengambil nafas sangat penting dalam suatu perkelahian.Setiap saat memungkinkan, coba ulur waktu sehingga kita bisa mengambil nafas dan tetap bertahan tenang. Karena saat kondisi kita tenang, kita bisa berpikir dengan jernih dan dapat menggunakan otak kita dengan lebih baik.
5. No rules, Gunakan cara apapun
Coba gunakan tamparan, colokan mata, pukul testis lawan, jambak rambut, patahkan hidung. Jadilah liar. Lagipula ini adalah sebuah perkelahian dan kita harus mempertahankan diri kita. 
7.Prediksi gerakan lawan
Jika kita bisa memprediksi gerakan lawan,kita bisa mengantisipasi semua gerakan mereka. Jika kita memprediksi kalau akan dipukul dan menghindarinya, maka lawan kita cuman akan berakhir dengan membuang-buang energinya dan kita tidak akan terluka sama sekali