Jenis-jenis CCTV

Jenis-jenis CCTV


1. CCTV Dome
Disebut kamera Dome karena bentuknya yang seperti kubah, biasanya kamera ini di posisikan di dalam ruangan, bentuk design kamera jenis ini bertujuan agar arah dari kamera cctv tidak terlihat tetapi untuk kameranya sendiri terlihat oleh kasat mata. Dome kamera yang paling laku dijual adalah kamera dengan tipe fix yaitu kamera yang hanya mengarah ke 1 sudut ruangan dengan jangkauan fokus dan luas pandang yang macam-macam tergantung dari spesifikasi lensa, namun selain jenis kamera dome yang fix, ada juga kamera dome yang dapat berputar dengan cepat “Speed Dome“, (dome camera yang memiliki kemampuan PTZ) namun harganya relatif mahal apabila dibandingkan dengan tipe kamera dome fix.

2. CCTV Bullet
Bullet camera ini dari segi lensa tidak jauh berbeda dengan dome, hanya bentuknya saja yang berbeda, biasanya lebih banyak di posisikan di luar ruangan ketimbang di dalam. Jenis kamera ini karena bisa juga di pasang di luar ruangan memiliki kelebihan tahan air. Bullet kamera dipasang di dinding atau langit-langit, kamera jenis ini merupakan kamera tipe fix dengan tujuan menangkap gambar dari area yang tetap terus menerus dan tidak dirancang untuk memiliki pan / tilt / zoom control, meskipun bisa saja dengan menggunakan alat tambahan.

3. CCTV Spy Cam
Ya sesuai namanya, kamera jenis ini di peruntukan untuk dapat berkamuflase dan tidak disadari bahwa itu adalah kamera, Spy Cam ini memiliki banyak jenis dan rupa, bisa berupa pulpen, bross, hiasan dinding dan banyak lagi, bagi anda yang mau coba jadi Spy, harus punya kamera jenis ini, biar tambah gregets.

4. Wireless CCTV
Kamera jenis ini include wireless di dalamnya, bisa langsung di konfigurasi dan dikonekan ke jaringan Internet via Wifi, setelah itu selesai, video bisa langsung di akses, tapi tidak semua kamera CCTV wireless ini berbasis IP , ada beberapa dari jenis kamera ini bisa juga menggunakan model alternatif lain dalam transmisi data.

5. CCTV Box
Kelebihan dari kamera jenis ini adalah lensanya memiliki kemampuan ZOOM, biasa di posisikan pada pada bidang vertikal, kekurangannnya adalah kamera jenis ini membutuhkan pencahayaan yang cukup agar dapat menangkap gambar dengan jelas atau dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan dan akan lebih baik lagi apabila box camera dilengkapi dengan housing kamera apabila di posisikan di luar atau dalam jangkauan tangan.