Kenali Borgol: Salah Satu Alat Bela Diri

Kenali Borgol: Salah Satu Alat Bela Diri

Security merupakan satuan pengamanan swakarsa yang mengantongi surat izin dari Polri. Untuk itu, security dituntut bekerja sesuai tugas dan fungsi kontrolnya dalam mengamankan dan menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan tempat mereka bertugas.

Salah satu upaya mendapatkan keunggulan bibit security yang handal dan profesional, hendaknya security tidak hanya di bekali dengan pelatihan fisik saja. Melainkan, pelatihan dan pembekalan borgol atau lebih di kenal dengan istilah  teknik Drill borgol, wajib mereka kuasai.

Akan tetapi, sebelum kalian mengenal teknik borgol untuk mempelajarinya , ada baiknya mengenal secara mendetail pengertian dari borgol itu sendiri. Borgol – panggilan benda  yang kita sering ucapkan ini, merupakan alat penahanan yang di rancang khusus  untuk menyatukan kedua pergelangan tangan seseorang. Borgol bentuknya terdiri dari dua gelang yang dihubungkan dengan rantai pendek. Artinya, setiap gelang dapat di buka dan di tutup dengan kunci.

Pemborgolan biasanya dilakukan untuk mencegah seseorang melarikan diri dari tahanan. Sedangkan, jenis borgol itu tidak hanya borgol tangan saja, melainkan ada bermacam-macam, seperti borgol kaki, borgol tangan yang memiliki borgol jempol, dan lain-lain.

Borgol dapat di buat dari baja tahan karat, baja karbon, alumunium atau polimer. Namun, sekarang ini ada borgol yang terbuat dari plastik yang ringan atau yang terkenal dengan istilah Flexicuffs. Dan biasanya borgol tersebut dapat di bawa dalam jumlah yang sangat besar oleh polisi huru-hara guna sebagai menangani protes dan kerusuhan.
 
Selain itu, beberapa maskapai penerbangan juga sekarang menyertakan borgol dalam penerbangannya, borgol plastik untuk menahan penumpang yang membuat onar atau tersangka pelaku terorisme