Teknik Bela Diri: Teknik Dasar Tinju

Teknik Bela Diri: Teknik Dasar Tinju

1. Pukulan Jab
Adalah pukulan lurus ke depan. Anda bisa melakukan pukulan jab dengan cara memutar pinggul dan pukulan pun bisa dilakukan lurus ke arah dengan dengan tangan lead. Ketika memukul dan memutar bagian pinggul, lakukan pemutaran 90 derajat dan pastikan untuk gerakan bisa searah dengan serangan. Alasan mengapa harus demikian adalah supaya tubuh petinju bisa menjadi horisontal. Ada pula teknik pukulan lain yang merupakan kombinasi yang juga menjadi hal wajib untuk dikuasai oleh para petinju, yakni jab and grab.

2. Jab and Grab
Jab and grab di sini memiliki arti menusuk dan mengambil di mana tujuannya adalah gerakan campuran antara melakukan penyerangan dan juga bertahan di saat yang sama. Saat Anda sudah dalam kondisi menguasai pertandingan dengan melakukan penyerangan sebanyak-banyaknya terhadap lawan, Anda bisa mengambil kesempatan titik lemah lawan ketika ia sedang menerima pukulan Anda. Dengan cara ini, lawan tak akan memiliki serangan balasan sehingga efektivitas sangat tinggi untuk menghadapi lawan yang staminanya sudah turun dan hilang.


3. Straight
Ini adalah jenis pukulan keras yang diarahkan lurus ke arah depan sambil menggunakan tangan rear. Dalam teknik gerakan ini, wajah lawan adalah sasaran utamanya dan hal itu berarti pukulan mengarah lurus. Namun sebelum melakukan gerakan ini, lawan harus dilemahkan lebih dulu dan untuk melemahkan lawan, Anda bisa melakukan pukulan di sisi kiri dan kanan wajah lalu diakhiri dengan pukulan lurus tepat di bagian wajah lawan. Para petinju sangat sering menggunakan cara ini di mana mereka mengakhiri pertandingan dengan K.O pada lawannya.

4. Hook
Proses pelontaran pukulan hook bisa dilakukan menggunakan kedua tangan, yakni kiri dan kanan. Pukulan ini juga dikenal sebagai pukulan arah setengah lingkaran dan menggunakan tangan lead. Teknik ini paling sering dianggap sebagai pukulan mematikan sehingga memang sangat berbahaya bagi lawan. Ketika petinju melakukan gerakan pukulan secara tepat dari segi posisi dan kekuatan, maka musuh bisa dijatuhkan dengan cepat. Bukan hanya bagian muka lawan, hook adalah teknik yang diaplikasikan juga ke tubuh dan biasanya serangan hook ke tubuh lawan merupakan khas para petinju dari Meksiko, seperti Marco Antonio Barrera dan Julio Cesar Chavez.

5. Check Hook
Pukulan yang beristilahkan check hook ini adalah pukulan alternatif di mana jika Anda merasa sulit untuk mencari titik lemah lawan ketika lawan bertahan dengan sangat kuat, pukulan ini akan membantu. Pukulan lurus adalah cara terbaik untuk dilakukan kepada lawan sebagai cara mengelabuinya.

6. Uppercut
Teknik lainnya yang perlu diketahui dan juga penting untuk dikuasai para petinju adalah pukulan uppercut. Teknik ini merupakan gerakan pukulan keras dan petinju bisa melakukannya dengan arah vertikal. Pukulan ini dilakukan jarak dekat dan seorang Mike Tyson adalah petinju dunia yang paling terkenal dengan teknik pukulan uppercut. Cara melakukan pukulan ini adalah dari arah bawah yang kemudian memotong ke arah atas; pukulan ini berefektivitas tinggi ketika diaplikasikan kepada lawan yang memiliki kebiasaan menundukkan kepalanya sehingga bisa menjadi senjata ampuh dalam menjatuhkan.

7. The Haymaker
Jenis teknik pukulan satu ini juga menjadi teknik dasar yang bisa dilatih oleh para petinju dan paling cocok penerapannya untuk lawan yang sudah kehilangan tenaga banyak. Saat lawan telah menjadi lemah, pancinglah agar ia membalas memukul dan ketika tangan lawan sudah siap melakukan pukulan, Anda bisa dengan cepat memukul ke arah sisi wajahnya secara cepat dan tepat.

8. Bolo Puch
Teknik dasar pukulan lainnya dalam tinju adalah bolo punch atau dikenal juga sebagai sebuah pukulan berayun panjang. Hanya saja, bolo punch ini bukanlah trik sebab tindakan ini bisa dilihat dan tampak jelas oleh pandangan lawan.

9. Rabbit Punch
Jenis teknik ini adalah teknik pukulan terlarang dan bahkan bisa mengancam lawan saking berbahayanya. Petinju dengan teknik ini akan melancarkan pukulan dari atas ke bawah ketika lawan sedang dalam posisi menunduk.
Pukulan ini dilarang sebab bila diterapkan akan menyerang bagian tengkuk atau ubun-ubun lawan sehingga bisa mematikan, baik disengaja atau tidak. Oleh karena itu, walau menjadi teknik yang mendasar, para petinju tak boleh sembarangan menggunakan teknik pukulan ini terhadap lawan apabila tak ingin menyebabkan kerugian besar.

10. Long Hook
Pada jenis teknik pukulan ini, pelontarannya dilakukan dari jarak jauh dan pukulan ini bukanlah pukulan standar karena termasuk di dalam pukulan modifikasi yang juga kiranya perlu dikuasai petinju manapun. Karena modifikasi, maka long hook merupakan pukulan gabungan antara pukulan hook dan straight.
Bukan hanya itu saja, pukulan ini nyatanya merupakan teknik yang terkenal. Jika Anda tahu siapa Muhammad Ali, maka perlu diketahui bahwa teknik pukulan ini dipopulerkan oleh Muhammad Ali di mana di Indonesia pukulan ini disebut dengan istilah swing. Jika di luar negeri disebut dengan long hook, maka di Indonesia teknik ini dinamakan swing.

11. Cross
Pukulan cross bukanlah pukulan standar melainkan juga merupakan pukulan modifikasi di mana sama seperti sebelumnya, ini adalah teknik pukulan kombinasi. Gabungan antara pukulan uppercut dan straight adalah yang kita sebut dengan cross dan sasaran utama pukulan ini adalah pada bagian rahang serta perut lawan.