Teknik Bela Diri: Teknik Dasar Wing Chun

Teknik Bela Diri: Teknik Dasar Wing Chun

1. Gong Lik
Dalam Siu Nim Tao, perhatikan dan pahami akan Gong Lik di mana bagian ini lebih berfokus pada struktur dan juga relaksasi. Kuda-kuda terbuka yang akan menggiring Anda berhadapan dengan lawan langsung adalah fokus dari latihan ini nantinya.
  • Dalam melakukannya, ambil sikap berdiri dan menghadaplah ke depan.
  • Ujung telapak kaki geser sedikit ke luar namun lutut tetap dijaga dalam kondisi menekuk.
  • Tumpuan berat badan pun akan merata pada kedua kaki.
  • Konsentrasikan pada posisi kedua lengan maupun siku supaya bisa langsung mulai mempelajari gerakan lengan dan tangan.
  • Gunakan kedua sisi tubuh secara seimbang dalam hal ini.

2. Fajing
Bagian kedua pada Siu Nim Tao adalah Fajing di mana dalam teknik ini berfokus pada pengembangan teknik pelepasan energi. Pada tahap ini, praktisi bisa belajar tentang penggunaan kekuatan serta cara menjaga energi dan kekuatan sekaligus.
  • Pastikan posisi tubuh selalu terjaga tetap rileks hingga tangan benar-benar siap melakukan serangan.
  • Berlatih pikulan telapak terbuka atau yang disebut juga dengan yan jeung. Tangan perlu dalam keadaan membuka, kemudian berotasi menghadap ke arah bawah kemudian gerakkan ke bawah supaya bisa menghajar lawan.
3. Gerakan Tangan dan Tangkisan
Dalam keahlian yang kiranya juga ada di dalam teknik dasar taekwondo ini, ada 3 macam yang perlu dilatih, antara lain adalah pukulan (Huen Sau/Pak Sau), tangkisan menggunakan telapak tangan (Tan Sau), tangan membuka (Gan Sau), dan gerakan tangan mirip sayap yang gunanya untuk menangkis (Bong Sau).
Perlu diketahui bahwa sebagian besar Siu Nim Tao justru malah terdiri dari kombinasi seluruh gerakan tersebut. Dan ketika melakukannya, pastikan melatih bagian kiri lebih dulu sebelum sisi kanan.